Rabu, 28 September 2016

SILABUS TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR BERGERAK (TPGB) KELAS XI



SILABUS MATA PELAJARAN PENGAMBILAN GAMBAR BERGERAK
(PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA)
                                                                                                                                   
Satuan Pendidikan     : SMK DARUS SYIFA
Kelas                      : XI
Kompetensi Inti        :
KI 1   :        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2   :        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3   :        Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4   :       Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
   1.1.   Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya






   1.2.   Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
   1.3.   Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
    2.1.   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
    2.2.   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.1.      Memahami jenis kamera dan pelbagai peralatan pengambilan gambar bergerak
4.1.    Menyajikan karateristik dari jenis kamera, peralatan pengambilan gambar bergerak

Jenis dan karasteristik kamera video :
·      Kamera video analog
·      Kamera video digital


Mengamati:
·   Jenis dan karasteristik kamera video analog
·   Jenis dan karasteristik kamera video digital

Menanya:
·   Mendiskusikan tentang jenis dan karasteristik kamera video analog
·   Mendiskusikan tentang jenis dan karasteristik kamera video digital
Mengeksplorasi:
·   Eksperimen jenis dan karasteristik kamera video analog
·   Eksperimen jenis dan karasteristik kamera video digital

Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang jenis dan karasteristik kamera video

Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang jenis dan karasteristik kamera video

Tugas:
Menyelesaikan masalah tentang jenis dan karasteristik kamera video
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain


Portofolio:
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
4 JP
·         BW Arif, Mari mengenal video editing,  Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·         Vaughan Tay, Multimedia Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta

3.2.    Memahami  format video
4.2.    Menyajikan format video



Format Video :
·       Video analog
·       Video digital


Mengamati:
·       Format video pada video analog
·       Format video pada video digital

Menanya:
·       Mendiskusikan format video pada video analog
·       Mendiskusikan format  video pada video digital

Mengeksplorasi:
·       Eksperimen  format video pada video analog
·       Eksperimen  format  video pada video digital

Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pelbagai format video

Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang pelbagai format video

Tugas:
Menyelesaikan masalah pelbagai format video

Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio:
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
 4 JP
·         BW Arif, Mari mengenal video editing,  Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·         Vaughan Tay, Multimedia Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta

3.3.    Memahami prosedur pengoperasian kamera video

4.3.       Melaksanakan prosedur pengoperasian kamera video


Pengoperasian kamera video :
·      Prosedur menghidupkan, merekan dan mematikan kamera video
·      Seting fitur-fitur pada kamera video
·      Media penyimpanan rekaman pada kamera video

Mengamati:
·      Prosedur menghidupkan, merekan dan mematikan kamera video
·      Seting fitur-fitur pada kamera video
·      Media penyimpanan rekaman pada kamera video

Menanya:
·      Mendiskusikan prosedur menghidupkan, merekan dan mematikan kamera video
·      Mendiskusikan seting fitur-fitur pada kamera video
·      Mendiskusikan tentang media penyimpanan rekaman pada kamera video

Mengeksplorasi:
·      Eksperimen prosedur menghidupkan, merekan dan mematikan kamera video
·      Eksperimen seting fitur-fitur pada kamera video
·      Eksperimen tentang media penyimpanan rekaman pada kamera video

Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pengoperasian kamera video



Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang pengoperasian kamera video

Tugas:
Menyelesaikan masalah pengoperasian kamera video

Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio:
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
12 JP
·         BW Arif, Mari mengenal video editing,  Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·         Vaughan Tay, Multimedia Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta

3.4.    Memahami teknik memegang kamera
4.4.    Menyajikan teknik memegang kamera video

Teknik memegang kamera video
·         Posisi tangan
·         Sikap tubuh



Mengamati:
·         Posisi tangan  pada saat memegang kamera
·         Sikap tubuh pada saat memegang kamera

Menanya:
·         Mendiskusikan  posisi tangan  pada saat memegang kamera
·         Mendiskusikan sikap tubuh pada saat memegang kamera

Mengeksplorasi:
·         Eksperimen tentang posisi tangan  pada saat memegang kamera
·         Mendiskusikan sikap tubuh pada saat memegang kamera

Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang teknik memegang kamera video

Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang teknik memegang kamera video
Tugas:
Menyelesaikan masalah teknik memegang kamera video

Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio:
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
4 JP
·         BW Arif, Mari mengenal video editing,  Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·         Vaughan Tay, Multimedia Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta

3.5.    Memahami pengoperasian pencatat adegan
4.5.    Menyajikan teknik pengoperasian
pencatat adegan


Pengoperasian pencatat adegan
·         Pengenalan clapperboard
·         teknik pengoperasian clapperboard

Mengamati:
·         Pengenalan clapperboard pada pengoperasian pencatat adegan
·         Teknik pengoperasian clapperboard

Menanya:
·         Mendiskusikan clapperboard pada pengoperasian pencatat adegan
·         Mendiskusikan teknik pengoperasian clapperboard

Mengeksplorasi:
·         Eksperimen clapperboard pada pengoperasian pencatat adegan
·         Eksperimen teknik pengoperasian clapperboard

Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pengoperasian pencatat adegan

Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang pengoperasian pencatat adegan

Tugas:
Menyelesaikan masalah pengoperasian pencatat adegan

Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio:
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
4 JP
·         BW Arif, Mari mengenal video editing,  Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·         Vaughan Tay, Multimedia Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta


3.6.    Memahami ukuran bidang pandang pengambilan gambar bergerak
4.6.    Menyajikan hasil pengambilan gambar bergerak berdasarkan ukuran bidang pandang kamera


Ukuran bidang pandang pengambilan gambar bergerak :
·      Extreme dan  Long Shot
·      Medium Long Shot
·      Medium Shot
·      Medium Close up
·      Close up
·      Big Close up
·      Two shot


Mengamati:
·      Pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang extreme dan  Long Shot
·      Pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Long Shot
·      Pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Shot
·      Pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Close up
·      Pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang close up
·      Pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang big Close up
·      Pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang extreme Close up
·      Pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang two shot

Menanya:
·      Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang extreme dan  Long Shot
·      Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Long Shot
·      Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Shot
·      Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Close up
·      Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang close up
·      Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang big Close up
·      Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang extreme Close up
·      Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang two shot


Mengeksplorasi:
·      Eksperimen pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang extreme dan  Long Shot
·      Eksperimen pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Long Shot
·      Eksperimen pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Shot
·      Eksperimen pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Close up
·      Eksperimen pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang close up
·      Eksperimen pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang big Close up
·      Eksperimen pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang extreme Close up
·      Eksperimen pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang two shot

Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang ukuran bidang pandang saat pengambilan gambar bergerak

Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang ukuran bidang pandang saat pengambilan gambar bergerak

Tugas:
Menyelesaikan masalah ukuran bidang pandang saat pengambilan gambar bergerak

Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio:
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
16 JP
·         BW Arif, Mari mengenal video editing,  Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·         Vaughan Tay, Multimedia Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta


3.7.    Memahami sudut pandang pengambilan gambar bergerak
   4.7.   Menyajikan hasil pengambilan gambar bergerak berdasarkan  sudut pandang pengambilan gambar


Sudut pandang pengambilan gambar bergerak :
·         Bird eye view
·         Eye level
·         Frog eye
·         Low angle  dan diagonal


Mengamati:
·         Pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang bird eye view
·         Pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang eye level
·         Pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang frog eye
·         Pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang low angle  dan diagonal

Menanya:
·         Mendiskusikan pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang bird eye view
·         Mendiskusikan pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang eye level
·         Mendiskusikan pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang frog eye
·         Mendiskusikan pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang low angle  dan diagonal

Mengeksplorasi:
·         Eksperimen pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang bird eye view
·         Eksperimen pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang eye level
·         Eksperimen pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang frog eye
·         Eksperimen pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang low angle  dan diagonal

Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang sudut pandang pada pengambilan gambar bergerak

Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang sudut pandang pada pengambilan gambar bergerak

Tugas:
Menyelesaikan masalah tentang sudut pandang pada pengambilan gambar bergerak

Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio:
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
16 JP
·         BW Arif, Mari mengenal video editing,  Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·         Vaughan Tay, Multimedia Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta


3.8.    Memahami perekaman suara narasi dengan kamera
4.8.    Menyajikan hasil perekaman suara narasi menggunakan kamera  




Perekaman narasi dengan kamera video :
·       Peralatan perekam audio
·       Proses merekam narasi
·       Timecode


Mengamati:
·       Peralatan perekam audio pada proses perekaman narasi dengan kamera video
·       Proses merekam narasi
·       Timecode pada proses perekaman narasi dengan kamera video


Menanya:
·    Mendiskusikan

Mengeksplorasi:
·   Eksperimen

Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang

Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang
Tugas:
Menyelesaikan masalah pada perekaman narasi dengan kamera video

Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio:
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
4 JP
·         BW Arif, Mari mengenal video editing,  Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·         Vaughan Tay, Multimedia Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta


3.9.    Menerapakan prosedur penggunaan peralatan pendukung selama pengambilan gambar
4.9.       Menyajikan hasil penggunaan peralatan pendukung selama pengambilan gambar






Penggunaan peralatan pendukung selama pengambilan gambar
·         mengisi dan merawat baterai selama pengambilan gambar
·         Penataan kabel-kabel kamera video


Mengamati:
·         Teknik mengisi dan merawat baterai selama pengambilan gambar
·         Penataan kabel-kabel kamera video selama pengambilan gambar

Menanya:
·         Mendiskusikan teknik mengisi dan merawat baterai selama pengambilan gambar
·         Mendiskusikan penataan kabel-kabel kamera video selama pengambilan gambar

Mengeksplorasi:
·         Eksperimen tentang mengisi dan merawat baterai selama pengambilan gambar
·         Eksperimen tentang penataan kabel-kabel kamera video selama pengambilan gambar

Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang penggunaan peralatan pendukung selama pengambilan gambar

Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang penggunaan peralatan pendukung selama pengambilan gambar
Tugas:
Menyelesaikan masalah penggunaan peralatan pendukung selama pengambilan gambar

Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio:
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
4 JP
·         BW Arif, Mari mengenal video editing,  Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·         Vaughan Tay, Multimedia Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta


3.10.  Menerapkan prosedur transfer data video ke media
 4.10.   Menyajikan hasil transfer data video ke media penyimpan



Pengcapturean video :
·         Peralatan untuk capture video
·         Perangkapt lunak  untuk capture video
·         Proses capture video analog
·         Proses capture video digital


Mengamati:
·         Peralatan untuk capture video
·         Perangkapt lunak  untuk capture video
·         Proses capture video analog
·         Proses capture video digital

Menanya:
·         Mendiskusikan peralatan untuk capture video
·         Mendiskusikan perangkapt lunak  untuk capture video
·         Mendiskusikan proses capture video analog
·         Mendiskusikan proses capture video digital

Mengeksplorasi:
·         Eksperimen peralatan untuk capture video
·         Eksperimen perangkapt lunak  untuk capture video
·         Eksperimen proses capture video analog
·         Eksperimen proses capture video digital

Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pengcapturean video

Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang pengcapturean video

Tugas:
Menyelesaikan masalah tentang pengcapturean video

Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio:
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
8 JP
·         BW Arif, Mari mengenal video editing,  Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·         Vaughan Tay, Multimedia Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta


3.11.    Memahami Skenario
 4.11.   Menyajikan hasil pembuatan skenario



Pembuatan skenario
·         Ide cerita dan outline
·         Skenario


Mengamati:
·         Pembuatan ide cerita dan outline
·         Pembuatan skenario

Menanya:
·         Mendiskusikan pembuatan ide cerita dan outline
·         Mendiskusikan pembuatan skenario

Mengeksplorasi:
·         Eksperimen tentang pembuatan ide cerita dan outline
·         Eksperimen tentang pembuatan skenario

Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pembuatan skenario

Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang pembuatan scenario

Tugas:
Menyelesaikan masalah pembuatan skenario

Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio:
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
8 JP
·         BW Arif, Mari mengenal video editing,  Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·         Vaughan Tay, Multimedia Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta


3.12.  Memahami Storyboard
 4.12.   Menyajikan hasil pembuatan storyboard


Pembuatan storyboard
·      Sketsa tokoh cerita
·      Sketsa properti
·      Storyboard


Mengamati:
·      Pembuatan sketsa tokoh cerita
·      Pembuatan sketsa properti
·      Pembuatan storyboard

Menanya:
·      Mendiskusikan pembuatan sketsa tokoh cerita
·      Mendiskusikan pembuatan sketsa properti
·      Mendiskusikan pembuatan storyboard

Mengeksplorasi:
·      Eksperimen tentang pembuatan sketsa tokoh cerita
·      Eksperimen tentang pembuatan sketsa properti
·      Eksperimen tentang pembuatan storyboard

Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pembuatan storyboard

Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang pembuatan storyboard

Tugas:
Menyelesaikan masalah pembuatan storyboard

Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio:
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
12 JP
·         BW Arif, Mari mengenal video editing,  Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·         Vaughan Tay, Multimedia Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta


3.13.  Memahami teknik pergerakan kamera saat pengambilan gambar bergerak
 4.13.   Menyajikan hasil  pengambilan gambar bergerak berdasarkan teknik pergerakan kamera





Pergerakan kamera saat pengambilan gambar bergerak :
·         Zooming
·         Panning
·         Tilting
·         Crabbing
·         Tracking
·         Pedestal
·         Travelling


Mengamati:
·       Pengambilan gambar bergerak dengan zooming
·       Pengambilan gambar bergerak dengan panning
·       Pengambilan gambar bergerak dengan tilting
·       Pengambilan gambar bergerak dengan crabbing
·       Pengambilan gambar bergerak dengan tracking
·       Pengambilan gambar bergerak dengan pedestal
·       Pengambilan gambar bergerak dengan travelling


Menanya:
·       Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan zooming
·       Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan panning
·       Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan tilting
·       Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan crabbing
·       Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan tracking
·       Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan pedestal
·       Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan travelling

Mengeksplorasi:
·       Eksperimen pengambilan gambar bergerak dengan zooming
·       Eksperimen pengambilan gambar bergerak dengan panning
·       Eksperimen pengambilan gambar bergerak dengan tilting
·       Eksperimen pengambilan gambar bergerak dengan crabbing
·       Eksperimen pengambilan gambar bergerak dengan tracking
·       Eksperimen pengambilan gambar bergerak dengan pedestal
·       Eksperimen pengambilan gambar bergerak dengan travelling

Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pergerakan kamera saat pengambilan gambar bergerak

Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang pergerakan kamera saat pengambilan gambar bergerak

Tugas:
Menyelesaikan masalah pergerakan kamera saat pengambilan gambar bergerak

Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio:
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
16 JP
·         BW Arif, Mari mengenal video editing,  Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·         Vaughan Tay, Multimedia Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta


3.14.       Memahami komposisi obyek pada pengambilan gambar bergerak
    4.14.    Menyajikan hasil  pengambilan gambar bergerak dengan berbagai variasi komposisi obyek

Komposisi obyek pada pengambilan gambar bergerak :
·         Triangulasi
·         Golden mean
·         Head room
·         Lead room
·         Walking room
·         Frame


Mengamati:
·       Pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek triangulasi
·       Pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek golden mean
·       Pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek head room
·       Pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek lead room
·       Pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek walking room
·       Pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek frame

Menanya:
·       Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek triangulasi
·       Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek golden mean
·       Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek head room
·       Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek lead room
·       Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek walking room
·       Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek frame

Mengeksplorasi:
·       Eksperimen pada  pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek triangulasi
·       Eksperimen pada  pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek golden mean
·       Eksperimen pada  pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek head room
·       Eksperimen pada  pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek lead room
·       Eksperimen pada  pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek walking room
·   Eksperimen pada  pengambilan gambar bergerak dengan komposisi obyek frame

Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang komposisi obyek pada pengambilan gambar bergerak

Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang komposisi obyek pada pengambilan gambar bergerak

Tugas:
Menyelesaikan masalah komposisi obyek pada pengambilan gambar bergerak

Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio:
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
12 JP
·         BW Arif, Mari mengenal video editing,  Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·         Vaughan Tay, Multimedia Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta


3.15     Memahami tata cahaya
    4.15.    Mengolah tata cahaya untuk pengambilan gambar bergerak


Tata cahaya untuk pengambilan gambar bergerak
·      Kualitas pencahayaan
·      Sumber cahaya
·      Arah pencahayaan
·      Warna cahaya


Mengamati:
·      Kualitas pencahayaan pada pengambilan gambar bergerak
·      Sumber cahaya pada pengambilan gambar bergerak
·      Arah pencahayaan pada pengambilan gambar bergerak
·      Warna cahaya pada pengambilan gambar bergerak
Menanya:
·      Mendiskusikan kualitas pencahayaan pada pengambilan gambar bergerak
·      Mendiskusikan sumber cahaya pada pengambilan gambar bergerak
·      Mendiskusikan arah pencahayaan pada pengambilan gambar bergerak
·      Mendiskusikan warna cahaya pada pengambilan gambar bergerak
Mengeksplorasi:
·      Eksperimen tentang kualitas pencahayaan pada pengambilan gambar bergerak
·      Eksperimen tentang sumber cahaya pada pengambilan gambar bergerak
·      Eksperimen tentang arah pencahayaan pada pengambilan gambar bergerak
·      Eksperimen tentang warna cahaya pada pengambilan gambar

Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang tata cahaya untuk pengambilan gambar bergerak

Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang tata cahaya untuk pengambilan gambar bergerak

Tugas:
Menyelesaikan masalah tata cahaya untuk pengambilan gambar bergerak

Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio:
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
8 JP
·         BW Arif, Mari mengenal video editing,  Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·         Vaughan Tay, Multimedia Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta


3.16         Memahami pembuatan film pendek
4.16    Menyajikan hasil  pembuatan film pendek
Pembuatan film pendek
·      Storyboard
·      Narasi
·      Pencahayaan
·      Pengambilan gambar bergerak

Mengamati:
·         Storyboard pada pembuatan film pendek
·         Narasi pada pembuatan film pendek
·         Pencahayaan pada pembuatan film pendek
·         Pengambilan gambar bergerak pada pembuatan film pendek

Menanya:
·         Mendiskusikan storyboard pada pembuatan film pendek
·         Mendiskusikan narasi pada pembuatan film pendek
·         Mendiskusikan pencahayaan pada pembuatan film pendek
·         Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak pada pembuatan film pendek

Mengeksplorasi:
·         Eksperimen tentang storyboard pada pembuatan film pendek
·         Eksperimen tentang narasi pada pembuatan film pendek
·         Eksperimen tentang pencahayaan pada pembuatan film pendek
·   Eksperimen tentang pengambilan gambar bergerak pada pembuatan film pendek

Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pembuatan film pendek

Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang pembuatan film pendek

Tugas:
Menyelesaikan masalah pembuatan film pendek

Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain

Portofolio:
·  Hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi

Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
12 JP
·         BW Arif, Mari mengenal video editing,  Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·         Vaughan Tay, Multimedia Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta












Tidak ada komentar:

Posting Komentar