SILABUS MATA PELAJARAN PENGAMBILAN GAMBAR BERGERAK
(PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA)
(PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA)
Satuan
Pendidikan : SMK DARUS SYIFA
Kelas :
XI
Kompetensi
Inti :
KI 1
:
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4 :
Mengolah,
menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
1.1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
||||||||
1.2. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
|
||||||||
1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanan
sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||||
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
|
||||||||
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
|
||||||||
3.1. Memahami jenis kamera dan pelbagai peralatan
pengambilan gambar bergerak
4.1.
Menyajikan karateristik dari jenis kamera, peralatan pengambilan gambar bergerak
|
Jenis dan
karasteristik kamera video :
· Kamera
video analog
· Kamera
video digital
|
Mengamati:
·
Jenis dan
karasteristik kamera video
analog
·
Jenis dan
karasteristik kamera video
digital
Menanya:
·
Mendiskusikan tentang jenis dan karasteristik
kamera video analog
·
Mendiskusikan tentang jenis dan karasteristik
kamera video digital
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen jenis dan karasteristik
kamera video analog
·
Eksperimen jenis
dan karasteristik kamera video digital
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang jenis
dan karasteristik kamera video
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang jenis
dan karasteristik kamera video
|
Tugas:
Menyelesaikan
masalah tentang jenis dan
karasteristik kamera video
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa
secara individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
4 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal video
editing, Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia Making it
Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.2.
Memahami format video
4.2.
Menyajikan format video
|
Format Video :
· Video
analog
· Video
digital
|
Mengamati:
· Format video pada video analog
· Format video pada video digital
Menanya:
· Mendiskusikan
format video pada video analog
· Mendiskusikan
format video
pada video
digital
Mengeksplorasi:
· Eksperimen format video pada video analog
· Eksperimen format video pada video digital
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pelbagai format video
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang pelbagai format video
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah pelbagai format video
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa
secara individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
4 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal video
editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia Making it
Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.3.
Memahami prosedur pengoperasian kamera video
4.3.
Melaksanakan prosedur pengoperasian kamera video
|
Pengoperasian
kamera video :
· Prosedur
menghidupkan, merekan dan mematikan kamera video
· Seting
fitur-fitur pada kamera video
· Media
penyimpanan rekaman pada kamera video
|
Mengamati:
· Prosedur
menghidupkan, merekan dan mematikan kamera video
· Seting
fitur-fitur pada kamera video
· Media
penyimpanan rekaman pada kamera video
Menanya:
· Mendiskusikan
prosedur
menghidupkan, merekan dan mematikan kamera video
· Mendiskusikan
seting
fitur-fitur pada kamera video
· Mendiskusikan
tentang media penyimpanan rekaman pada kamera video
Mengeksplorasi:
· Eksperimen
prosedur
menghidupkan, merekan dan mematikan kamera video
· Eksperimen
seting
fitur-fitur pada kamera video
· Eksperimen
tentang media penyimpanan rekaman pada kamera video
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pengoperasian kamera video
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang pengoperasian kamera video
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah pengoperasian kamera video
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa
secara individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
12 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal video editing, Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia Making it
Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.4.
Memahami teknik memegang kamera
4.4.
Menyajikan teknik memegang kamera video
|
Teknik memegang kamera
video
·
Posisi tangan
·
Sikap tubuh
|
Mengamati:
·
Posisi tangan pada saat memegang
kamera
·
Sikap tubuh pada saat memegang kamera
Menanya:
·
Mendiskusikan posisi tangan pada saat memegang kamera
·
Mendiskusikan sikap tubuh pada saat memegang kamera
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen tentang posisi tangan pada saat
memegang kamera
·
Mendiskusikan sikap tubuh pada saat memegang kamera
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang teknik memegang kamera video
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang teknik memegang kamera video
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah teknik memegang kamera video
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa
secara individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
4 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal video
editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia Making it
Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.5.
Memahami pengoperasian pencatat adegan
4.5. Menyajikan teknik pengoperasian
pencatat
adegan
|
Pengoperasian pencatat adegan
·
Pengenalan
clapperboard
·
teknik pengoperasian
clapperboard
|
Mengamati:
·
Pengenalan
clapperboard pada pengoperasian pencatat adegan
·
Teknik pengoperasian clapperboard
Menanya:
·
Mendiskusikan clapperboard pada pengoperasian pencatat adegan
·
Mendiskusikan teknik pengoperasian clapperboard
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen clapperboard pada pengoperasian pencatat adegan
·
Eksperimen teknik pengoperasian clapperboard
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pengoperasian pencatat adegan
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang pengoperasian pencatat adegan
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah pengoperasian pencatat adegan
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa
secara individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
4 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal video
editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia Making it
Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.6.
Memahami ukuran bidang pandang pengambilan gambar bergerak
4.6.
Menyajikan
hasil pengambilan gambar bergerak berdasarkan ukuran bidang pandang
kamera
|
Ukuran bidang pandang pengambilan gambar bergerak :
· Extreme
dan Long Shot
· Medium
Long Shot
· Medium
Shot
· Medium Close up
· Close
up
· Big
Close up
· Two
shot
|
Mengamati:
· Pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang
extreme dan Long Shot
· Pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang
medium
Long Shot
· Pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Shot
· Pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang
medium Close up
· Pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang
close
up
· Pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang
big
Close up
· Pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang
extreme
Close up
· Pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang
two
shot
Menanya:
· Mendiskusikan
pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang
extreme dan Long Shot
· Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Long Shot
· Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Shot
· Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Close up
· Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang close up
· Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang big Close up
· Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang extreme Close up
· Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang two shot
Mengeksplorasi:
· Eksperimen
pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang
extreme dan Long Shot
· Eksperimen pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Long Shot
· Eksperimen pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Shot
· Eksperimen pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Close up
· Eksperimen pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang close up
· Eksperimen pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang big Close up
· Eksperimen pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang extreme Close up
· Eksperimen pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang two shot
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang ukuran bidang pandang saat pengambilan gambar
bergerak
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang ukuran bidang pandang saat pengambilan gambar
bergerak
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah ukuran bidang pandang saat pengambilan
gambar bergerak
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa
secara individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
16 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal video
editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia Making it
Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.7.
Memahami sudut
pandang pengambilan gambar bergerak
4.7. Menyajikan
hasil pengambilan gambar bergerak berdasarkan sudut pandang pengambilan gambar
|
Sudut pandang
pengambilan gambar bergerak :
·
Bird eye view
·
Eye level
·
Frog eye
·
Low angle dan diagonal
|
Mengamati:
·
Pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang bird eye view
·
Pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang eye level
·
Pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang frog eye
·
Pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang low angle dan diagonal
Menanya:
·
Mendiskusikan pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang bird eye view
·
Mendiskusikan pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang eye level
·
Mendiskusikan pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang frog eye
·
Mendiskusikan pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang low angle dan diagonal
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang bird eye view
·
Eksperimen pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang eye level
·
Eksperimen pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang frog eye
·
Eksperimen pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang low angle dan diagonal
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang sudut
pandang pada pengambilan gambar bergerak
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang sudut
pandang pada pengambilan gambar bergerak
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah tentang sudut pandang pada pengambilan
gambar bergerak
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa
secara individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
16 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal video
editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia Making it
Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.8.
Memahami perekaman suara narasi dengan kamera
4.8.
Menyajikan hasil perekaman suara narasi menggunakan kamera
|
Perekaman
narasi dengan kamera video :
· Peralatan
perekam audio
· Proses
merekam narasi
· Timecode
|
Mengamati:
· Peralatan
perekam audio pada proses perekaman narasi
dengan kamera video
· Proses
merekam narasi
· Timecode pada proses perekaman narasi dengan kamera
video
Menanya:
·
Mendiskusikan
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah pada perekaman narasi
dengan kamera video
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa
secara individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
4 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal video
editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia Making it
Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.9.
Menerapakan prosedur penggunaan
peralatan pendukung selama pengambilan gambar
4.9.
Menyajikan hasil penggunaan
peralatan pendukung selama pengambilan gambar
|
Penggunaan peralatan
pendukung selama pengambilan gambar
·
mengisi dan merawat baterai selama pengambilan gambar
·
Penataan kabel-kabel kamera video
|
Mengamati:
·
Teknik mengisi dan merawat baterai selama pengambilan gambar
·
Penataan kabel-kabel kamera video selama pengambilan gambar
Menanya:
·
Mendiskusikan teknik mengisi dan merawat baterai selama pengambilan gambar
·
Mendiskusikan penataan kabel-kabel
kamera video selama pengambilan
gambar
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen tentang mengisi dan merawat baterai selama pengambilan gambar
·
Eksperimen tentang penataan kabel-kabel kamera video selama pengambilan gambar
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang penggunaan
peralatan pendukung selama pengambilan gambar
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang penggunaan
peralatan pendukung selama pengambilan gambar
|
Tugas:
Menyelesaikan
masalah penggunaan peralatan pendukung selama pengambilan gambar
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa
secara individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
4 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal video
editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia Making it
Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.10.
Menerapkan prosedur transfer
data video ke media
4.10.
Menyajikan
hasil transfer
data video ke media penyimpan
|
Pengcapturean video :
·
Peralatan untuk capture video
·
Perangkapt lunak untuk capture video
·
Proses capture video analog
·
Proses capture video digital
|
Mengamati:
·
Peralatan untuk capture video
·
Perangkapt lunak untuk capture video
·
Proses capture video analog
·
Proses capture video digital
Menanya:
·
Mendiskusikan peralatan
untuk capture video
·
Mendiskusikan perangkapt
lunak untuk capture video
·
Mendiskusikan proses
capture video analog
·
Mendiskusikan proses
capture video digital
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen peralatan
untuk capture video
·
Eksperimen perangkapt
lunak untuk capture video
·
Eksperimen proses
capture video analog
·
Eksperimen proses
capture video digital
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pengcapturean video
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang pengcapturean video
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah tentang pengcapturean video
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa
secara individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
8 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal video
editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia Making it
Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.11.
Memahami Skenario
4.11.
Menyajikan
hasil pembuatan skenario
|
Pembuatan skenario
·
Ide cerita dan outline
·
Skenario
|
Mengamati:
·
Pembuatan ide
cerita dan outline
·
Pembuatan
skenario
Menanya:
·
Mendiskusikan pembuatan ide
cerita dan outline
·
Mendiskusikan pembuatan
skenario
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen tentang pembuatan ide
cerita dan outline
·
Eksperimen tentang
pembuatan skenario
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pembuatan
skenario
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang pembuatan
scenario
|
Tugas:
Menyelesaikan
masalah pembuatan skenario
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa
secara individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
8 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal video
editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia Making it
Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.12.
Memahami Storyboard
4.12.
Menyajikan
hasil pembuatan storyboard
|
Pembuatan
storyboard
· Sketsa
tokoh cerita
· Sketsa
properti
· Storyboard
|
Mengamati:
· Pembuatan sketsa tokoh cerita
· Pembuatan sketsa properti
· Pembuatan storyboard
Menanya:
· Mendiskusikan
pembuatan sketsa tokoh cerita
· Mendiskusikan
pembuatan sketsa properti
· Mendiskusikan
pembuatan storyboard
Mengeksplorasi:
· Eksperimen
tentang pembuatan sketsa tokoh cerita
· Eksperimen
tentang pembuatan sketsa
properti
· Eksperimen
tentang pembuatan storyboard
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pembuatan
storyboard
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang pembuatan
storyboard
|
Tugas:
Menyelesaikan
masalah pembuatan storyboard
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa
secara individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
12 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal video
editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia Making it
Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.13.
Memahami teknik pergerakan kamera saat pengambilan gambar bergerak
4.13.
Menyajikan
hasil pengambilan
gambar bergerak berdasarkan teknik pergerakan kamera
|
Pergerakan
kamera saat pengambilan gambar bergerak :
·
Zooming
·
Panning
·
Tilting
·
Crabbing
·
Tracking
·
Pedestal
·
Travelling
|
Mengamati:
· Pengambilan gambar
bergerak dengan zooming
· Pengambilan gambar
bergerak dengan panning
· Pengambilan gambar
bergerak dengan tilting
· Pengambilan gambar
bergerak dengan crabbing
· Pengambilan gambar
bergerak dengan tracking
· Pengambilan gambar
bergerak dengan pedestal
· Pengambilan gambar
bergerak dengan travelling
Menanya:
· Mendiskusikan
pengambilan gambar
bergerak dengan zooming
· Mendiskusikan
pengambilan gambar
bergerak dengan panning
· Mendiskusikan
pengambilan gambar
bergerak dengan tilting
· Mendiskusikan
pengambilan gambar
bergerak dengan crabbing
· Mendiskusikan
pengambilan gambar
bergerak dengan tracking
· Mendiskusikan
pengambilan gambar
bergerak dengan pedestal
· Mendiskusikan
pengambilan gambar
bergerak dengan travelling
Mengeksplorasi:
· Eksperimen
pengambilan gambar
bergerak dengan zooming
· Eksperimen
pengambilan gambar
bergerak dengan panning
· Eksperimen
pengambilan gambar
bergerak dengan tilting
· Eksperimen
pengambilan gambar
bergerak dengan crabbing
· Eksperimen pengambilan gambar bergerak dengan
tracking
· Eksperimen
pengambilan gambar
bergerak dengan pedestal
· Eksperimen
pengambilan gambar
bergerak dengan travelling
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pergerakan kamera saat pengambilan gambar bergerak
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang pergerakan kamera saat pengambilan gambar bergerak
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah pergerakan kamera saat
pengambilan gambar bergerak
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa
secara individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
16 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal video
editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia Making it
Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.14.
Memahami
komposisi obyek pada
pengambilan gambar bergerak
4.14. Menyajikan
hasil pengambilan
gambar bergerak dengan
berbagai variasi komposisi obyek
|
Komposisi obyek
pada pengambilan gambar bergerak :
·
Triangulasi
·
Golden mean
·
Head room
·
Lead room
·
Walking room
·
Frame
|
Mengamati:
·
Pengambilan
gambar bergerak dengan komposisi obyek triangulasi
·
Pengambilan
gambar bergerak dengan komposisi obyek golden mean
·
Pengambilan
gambar bergerak dengan komposisi obyek head room
·
Pengambilan
gambar bergerak dengan komposisi obyek lead room
·
Pengambilan
gambar bergerak dengan komposisi obyek walking room
·
Pengambilan
gambar bergerak dengan komposisi obyek frame
Menanya:
·
Mendiskusikan pengambilan
gambar bergerak dengan komposisi obyek triangulasi
·
Mendiskusikan pengambilan
gambar bergerak dengan komposisi obyek golden mean
·
Mendiskusikan pengambilan
gambar bergerak dengan komposisi obyek head room
·
Mendiskusikan pengambilan
gambar bergerak dengan komposisi obyek lead room
·
Mendiskusikan pengambilan
gambar bergerak dengan komposisi obyek walking room
·
Mendiskusikan pengambilan
gambar bergerak dengan komposisi obyek frame
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen pada pengambilan gambar
bergerak dengan komposisi obyek triangulasi
·
Eksperimen pada pengambilan gambar
bergerak dengan komposisi obyek golden mean
·
Eksperimen pada pengambilan gambar
bergerak dengan komposisi obyek head room
·
Eksperimen pada pengambilan gambar bergerak dengan komposisi
obyek lead room
·
Eksperimen pada pengambilan gambar
bergerak dengan komposisi obyek walking room
·
Eksperimen pada pengambilan gambar
bergerak dengan komposisi obyek frame
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang komposisi
obyek pada pengambilan gambar bergerak
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang komposisi
obyek pada pengambilan gambar bergerak
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah komposisi obyek pada pengambilan gambar bergerak
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa
secara individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
12 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal video
editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia Making it
Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.15 Memahami
tata cahaya
4.15. Mengolah
tata cahaya untuk pengambilan gambar bergerak
|
Tata cahaya untuk
pengambilan gambar bergerak
· Kualitas
pencahayaan
· Sumber
cahaya
· Arah
pencahayaan
· Warna
cahaya
|
Mengamati:
· Kualitas
pencahayaan pada pengambilan gambar bergerak
· Sumber
cahaya pada pengambilan gambar bergerak
· Arah
pencahayaan pada pengambilan gambar bergerak
·
Warna cahaya pada pengambilan gambar bergerak
Menanya:
· Mendiskusikan
kualitas
pencahayaan pada pengambilan gambar bergerak
· Mendiskusikan
sumber
cahaya pada pengambilan gambar bergerak
· Mendiskusikan
arah
pencahayaan pada pengambilan gambar bergerak
·
Mendiskusikan warna cahaya pada pengambilan gambar bergerak
Mengeksplorasi:
· Eksperimen
tentang kualitas pencahayaan pada pengambilan
gambar bergerak
· Eksperimen
tentang sumber cahaya pada pengambilan
gambar bergerak
· Eksperimen
tentang arah pencahayaan pada pengambilan
gambar bergerak
· Eksperimen
tentang warna cahaya pada pengambilan
gambar
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang tata
cahaya untuk pengambilan gambar bergerak
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang tata
cahaya untuk pengambilan gambar bergerak
|
Tugas:
Menyelesaikan
masalah tata
cahaya untuk pengambilan gambar bergerak
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa
secara individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
8 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal video editing, Penerbit Andi, 2009, Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia Making it
Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.16
Memahami pembuatan
film pendek
4.16 Menyajikan
hasil pembuatan
film pendek
|
Pembuatan film
pendek
· Storyboard
· Narasi
· Pencahayaan
· Pengambilan
gambar bergerak
|
Mengamati:
·
Storyboard pada pembuatan
film pendek
·
Narasi pada pembuatan
film pendek
·
Pencahayaan pada pembuatan
film pendek
·
Pengambilan gambar bergerak pada pembuatan
film pendek
Menanya:
·
Mendiskusikan storyboard pada pembuatan
film pendek
·
Mendiskusikan narasi pada pembuatan
film pendek
·
Mendiskusikan pencahayaan pada pembuatan
film pendek
·
Mendiskusikan pengambilan
gambar bergerak pada pembuatan film pendek
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen tentang
storyboard pada pembuatan
film pendek
·
Eksperimen tentang
narasi pada pembuatan
film pendek
·
Eksperimen tentang
pencahayaan pada pembuatan
film pendek
·
Eksperimen tentang
pengambilan
gambar bergerak pada pembuatan film pendek
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pembuatan film pendek
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang pembuatan film pendek
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah pembuatan film pendek
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa
secara individu dan dalam diskusi dengan
checklist lembar pengamatan
atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
12 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal video
editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia Making it
Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar