SILABUS MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA
INTERAKTIF
(PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA)
(PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA)
Satuan Pendidikan : SMK DARUS SYIFA
Kelas : XII
Kompetensi Inti :
KI
1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI
2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI
3 :
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI
4 :
Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
1.1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
|
|||||||
1.2. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
|
||||||||
1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanan
sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||||
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
|
||||||||
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
|
||||||||
3.1.
Memahami konsep multimedia interaktif
4.1. Menyajikan pelbagai jenis multimedia interaktif
|
Konsep Multimedia Interaktif
·
Definisi
Multimedia Interaktif
·
Manfaat
Multimedia Interaktif
·
Tools
dan penggunaannya
|
Mengamati
Berbagai
multimedia interaktif dalam kehidupan sehari-hari
Menanya
·
Mendiskusikan manfaat multimedia interaktif
· Mendiskusikan dalam kelompok
kecil tentang produk multimedia interaktif
Eksperimen/Eksplorasi
·
Mengeksplorasi
tools multimedia interaktif
Asosiasi
Membuat
kesimpulan definisi dan manfaat multimedia interaktif
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pengamatan
berbagai media interaktif dalam kehidupan sehari-hari
|
Tugas
Menyelesaikan
masalah tentang manfaat multimedia interaktif
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
8 JP
|
Tay
Vaughan, 2006, Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.2.
Menerapkan storyboard dalam multimedia
interaktif
4.2. Menyajikan hasil
pembuatan storyboard multimedia interaktif
|
Storyboard
·
Flowchart
·
Struktur
Linier
·
Struktur
Hierarchical
·
Struktur
Non-Linier
·
Struktur
Composite
·
Komponen
Storyboard
·
Template
Storyborad
|
Mengamati
Berbagai
contoh storyboard
Menanya
·
Mendiskusikan komponen Storyboard
Eksperimen/Eksplorasi
·
Mengeksplorasi
struktur flowchart
Asosiasi
Membuat
kesimpulan komponen Storyboard
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil pembuatan Storyboard
|
Tugas
Menyelesaikan
masalah tentang komponen Storyboard
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
12 JP
|
Tay
Vaughan, 2006, Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
Suyanto,
M., Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Penerbit Andi,
Yogyakarta
|
|||
3.3.
Memahami prinsip-prinsip desain user interface pada multimedia
interaktif
4.3. Menyajikan pembuatan desain user interface multimedia
interaktif
|
Desain User Interface
·
Tujuan
dan manfaat
·
Prinsip
desain user interface
·
Interaksi
Pengguna
·
Perancangan
: template, menu, tombol
|
Mengamati
Contoh
desain user interface
Menanya
·
Mendiskusikan tujuan dan manfaat desain
user interface
Eksperimen/Eksplorasi
·
Mengeksplorasi
interaktis pengguna
Asosiasi
Membuat
kesimpulan tujuan dan manfaat desain user interface
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil diskusi desain user interface
|
Tugas
Menyelesaikan
masalah tentang interaksi pengguna
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
12 JP
|
Tay
Vaughan, 2006, Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.4.
Menerapkan prosedur pengoperasian aplikasi
multimedia interaktif berbasis halaman
4.4. Menyajikan hasil
pengoperasian aplikasi multimedia berbasis halaman
|
Pengenalan Aplikasi
·
Fungsi-fungsi
tool aplikasi
·
Halaman/Slide
·
Theme
·
Transitions
·
WordArt
dan Shape
·
Animasi
·
Slide
View
|
Mengamati
Antarmuka
Aplikasi multimedia interaktif
berbasis halaman
Menanya
·
Mendiskusikan fungsi-fungsi tool aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman
Eksperimen/Eksplorasi
·
Melakukan
pengoperasi aplikasi multimedia
interaktif berbasis halaman
Asosiasi
Membuat
kesimpulan fungsi-fungsi tool aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil diskusi fungsi tool aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman
|
Tugas
Menyelesaikan
masalah penggunaan aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
16 JP
|
Tay
Vaughan, 2006, Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.5.
Memahami cara penggabungan image,
animasi, audio, video dalam sajian multimedia interaktif
4.5. Menyajikan hasil
penggabungan unsur – unsur multimedia dalam produk multimedia interaktif
|
Unsur-unsur multimedia
·
Menambahkan Image
·
Menambahkan
Animasi
·
Menambahkan
Audio
·
MenambahkanVideo
·
Menambahkan
Object
|
Mengamati
Berbagai
unsur multimedia
Menanya
· Mendiskusikan dalam kelompok
kecil tentang unsur multimedia dan cara menggabungkannya
Eksperimen/Eksplorasi
·
Mengeksplorasi
penggabungan unsur media
Asosiasi
Membuat
kesimpulan tentang unsur multimedia dan cara menggabungkannya
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi
tentang unsur multimedia dan cara menggabungkannya
|
Tugas
Menyelesaikan
masalah penggabungan unsur media dalam
produk multimedia interaktif
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
12 JP
|
Tay
Vaughan, 2006, Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.6.
Menerapkan pembuatan produk
multimedia interaktif berbasis halaman
4.6. Mencipta produk
multimedia interaktif.
|
Pembuatan Produk Multimedia Interaktif berbasis halaman
·
Perancangan
·
Pembuatan
·
Pengujian
·
Publishing
|
Mengamati
Contoh
produk multimedia interaktif berbasis
halaman
Menanya
·
Mendiskusikan tahapan pembuatan produk multimedia interaktif berbasis halaman
Eksperimen/Eksplorasi
·
Pembuataan
produk multimedia interaktif berbasis
halaman
Asosiasi
Membuat
kesimpulan tahapan pembuatan produk
multimedia interaktif berbasis halaman
Mengkomunikasikan
Hasil
pembuatan produk multimedia
interaktif berbasis halaman
|
Tugas
Menyelesaikan
masalah tentang pembuatan produk multimedia interaktif berbasis halaman
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
20 JP
|
Tay
Vaughan, 2006, Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.7.
Menerapkan prosedur pengoperasian aplikasi
multimedia interaktif berbasis waktu
4.7. Merencanakan dan
menggunakan bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi multimedia yang efektif
dan interaktif
|
Pengenalan Aplikasi
·
Fungsi-fungsi
tool aplikasi
·
Menggambar
dan bekerja dengan warna
·
Teks
·
Animasi
berubah bentuk
·
Object
·
Layer
·
Symbol
·
Graphic
·
Movie
Clip
·
Button
|
Mengamati
Antarmuka
Aplikasi multimedia interaktif
berbasis waktu
Menanya
·
Mendiskusikan fungsi-fungsi tool aplikasi multimedia interaktif berbasis waktu
Eksperimen/Eksplorasi
·
Melakukan
pengoperasi aplikasi multimedia
interaktif berbasis waktu
Asosiasi
Membuat
kesimpulan fungsi-fungsi tool aplikasi multimedia interaktif berbasis waktu
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil diskusi fungsi tool aplikasi multimedia interaktif berbasis waktu
|
Tugas
Menyelesaikan
masalah penggunaan aplikasi multimedia interaktif berbasis waktu
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
16 JP
|
Tay
Vaughan, 2006, Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.8.
Menerapkan pemrograman pada produk
multimedia interaktif
4.8. Menyajikan hasil
pemrograman pada produk multimedia interaktif
|
Dasar Action Script
·
Actions
Panel
·
Operators
·
Actions
·
Objects
·
Properties
|
Mengamati
Hasil pemrograman pada produk multimedia
interaktif
Menanya
·
Mendiskusikan jenis action
script
Eksperimen/Eksplorasi
·
Mengeksplorasi
action script
Asosiasi
Membuat
kesimpulan jenis-jenis action script
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil pemrograman action script
|
Tugas
Membuat
penggunaan action
script
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
16 JP
|
Tay
Vaughan, 2006, Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.9.
Memahami mekanisme pengolahan data pada
produk multimedia interaktif
4.9. Menyajikan hasil
pengolahan data pada produk
multimedia interaktif
|
Pengolahan Data
·
Bekerja
dengan input text
·
Bekerja
dengan Dynamic text
·
Action
Script Pengolahan Data
·
Penanganan
Form
|
Mengamati
Contoh
berbagai pengolahan data pada produk
multimedia
Menanya
·
Mendiskusikan tentang pengolahan data pada produk multimedia
Eksperimen/Eksplorasi
·
Melakukan
pengolahan data pada produk
multimedia
Asosiasi
Membuat
kesimpulan cara pengolahan data pada
produk multimedia
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil pengolahan data pada produk
multimedia
|
Tugas
Membuat
pengolahan data pada produk
multimedia
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
16 JP
|
Tay
Vaughan, 2006, Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.10. Menerapkan pembuatan
produk multimedia interaktif berbasis waktu
4.10. Mencipta produk
multimedia interaktif berbasis waktu
|
Pembuatan Produk Multimedia Interaktif
·
Perancangan
·
Pembuatan
·
Pengujian
·
Publishing
|
Mengamati
Contoh
produk multimedia interaktif berbasis
waktu
Menanya
·
Mendiskusikan tahapan pembuatan produk multimedia interaktif berbasis waktu
Eksperimen/Eksplorasi
·
Pembuataan
produk multimedia interaktif berbasis
waktu
Asosiasi
Membuat
kesimpulan tahapan pembuatan produk
multimedia interaktif berbasis waktu
Mengkomunikasikan
Hasil
pembuatan produk multimedia
interaktif berbasis waktu
|
Tugas
Menyelesaikan
masalah tentang pembuatan produk multimedia interaktif berbasis halaman
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
16 JP
|
Tay
Vaughan, 2006, Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.11. Menerapkan pengemasan produk multimedia
interaktif
4.10. Menyajikan hasil pengemasan
produk multimedia interaktif
|
Pengemasan Produk
·
Desain
Sampul/Cover
·
Desain
Kemasan
·
Pencetakan
|
Mengamati
Contoh
kemasan produk multimedia interaktif
Menanya
·
Mendiskusikan desain kemasan produk multimedia interaktif
Eksperimen/Eksplorasi
·
Melakukan
desain kemasan produk multimedia interaktif
Asosiasi
Membuat
kesimpulan desain kemasanproduk
multimedia interaktif
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil pengemasan produk multimedia
interaktif
|
Tugas
Menyelesaikan
masalah pengemasan produk multimedia
interaktif
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok
· Bahan Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
8 JP
|
Tay
Vaughan, 2006, Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar